Kamis, 10 November 2016

kritikal jurnal akuntansi



ADELIA
YUNI IVA MILDIANA
MUHAMMAD AZIZ

Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Return On Asset, Return On Equity, Pertumbuhan Penjualan  Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2014”
Dr.Rilla Gantino, SE.MM.CA Dosen FE-Akuntansi Universitas Esa Unggul, Jakarta rillaalgamar@yahoo.com
Jurnal Konferensi Ilmiah Akuntansi III
10-11 Maret 2016
ISBN 978-602-18574-1-0

I.     ULASAN JURNAL
1.      Apakah yang menjadi motivasi/isu atau fenomena yang sedang terjadi sehingga memicu penelitian ini untuk dilakukan ?

Yang menjadi fenomena dalam penelitian ini adalah yaitu Berkembangnya teknologi termasuk teknologi informasi, persaingan bisnis yang semakin ketat, menyebabkan bergesernya fokus pemanfaatan phyisal capital pada  aset tidak berwujud (intangible asset), berupa modal pengetahuan (knowladge capital) atau modal intelektual (intellectual capital) yang melekat dalam keterampilan, pengetahuan, pengalaman, serta dalam sistem dan prosedur organisasional. .Pada mulanya pergeseran fokus pemanfaatan tersebut tidak  diiringi dengan kejelasan aktiva tidak berwujud (intangible asset)dan intellectual capital.Saat ini Itangible asset telah dinyatakan sebagai goodwill (ASB, 1997; IASB, 2004), dan intellectual capital bagian dari goodwill.

2.      Apa perumusan masalah (research question) dari penelitian ini?

Secara Eksplisit  dituliskan didalam jurnal ini, bahwa di dalam jurnal ini perumusan masalah penelitian yaitu:
1. Seberapa besar intellectual capitalberpengaruh terhadap Return On Asset(ROA)  ?
2. Seberapa besar intellectual capitalberpengaruh terhadap Return On Equity(ROE)  ? 3. Seberapa besar intellectual capital berpengaruh terhadap pertumbuhan penjualan?




3.      Apa tujuan penelitian ini?

Berdasarkan rumusan masalah yang telah dirumuskan di atas yang jelas secara eksplisit di jelaskan di dalam hurnal , maka tujuan penelitian ini secara umum adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui besarnya intellectual capitalberpengaruh terhadapReturn On Assets (ROA).
2. Untuk mengetahui besarnya intellectual capitalberpengaruh terhadapReturn On Equtiy (ROE)
3. Untuk mengetahui besarnya intellectual capitalberpengaruh terhadap pertumbuhan penjualan.

4.      Apakah kontribusi penelitian ini (kontribusi Teoritis, kontribusi praktisi dan kontribusi kebijakan) ?

ü  Secara Teoritis penelitian ini memperkaya literatur yang ada yang berhubungan dengan penelitian Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Return On Asset, Return On Equity, Pertumbuhan Penjualan  Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2014”
ü  Secara praktis hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi perusahaan untuk terus memanfaatkan dan mengembangkan intellectual capital yang ada di dalam perusahaan.
ü  Terhadap kebijakan, penelitian ini memberikan kontribusi dan referensi bagi pengambil keputusan dalam melakukan kebijakan intellectual capital yang ada di dalam perusahaan karena intellectual capital ini mempengaruhi kinerja keuangan.

5.      Apakah grand teori yang digunakan penelitian ini?

Secara eksplisit grand theory dalam penelitian dinyatakan dengan jelas, di dalam masalah yang ada diteliti menggunakan grand theory  Signaling Theory (Teori Sinyal).

6.    Apakah riset-riset sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini?

1.    Muhammad Mahmood Shah Khan, Farah Yasser, Talat Hussain (2015) dengan variabel penelitian ROA, Asset Turn Over, Market Book Value, ROE, HCE, CapEE, SCE menyatakan hasil bahwa The results suggest that the bank’s performance (Return onasset, Return on equity) is positively and significantly related to the intellectual  capital  of Islamic Banks in Pakistan.
2.    Abdel-Aziz Ahmad Sharabati, Shawqi Naji Jawad, Nick Bontis (2010) dengan variabel penelitian Intellectual Capital (structural capital, hu-man capital, customer relationship), Performance (productivity, profitability, market valuation) menyatakan hasil penelitian bahwa the intellectual capital variables and sub-variables had a subs-tantive and  significant relationship with business performance
3.    Nik Maheran Nik Muhammad, Md Khairu Amin Ismail (2009) dengan variabel penelitian yaitu Intellectual capital (VAIC), ROA menyatakan hasil penelitian It was  also found that intellectual capital has significant and  positive relationships  with  com-pany’s  performance measured  by  profitability and  Return  on  Assets (ROA).
4.    Ali Aliyani Nezhad, Oktay Yamrali, Mohammad Reza Aboujafari (2014) hasilnya adalah The results of this research show  that  in-tellectual capital  has  impact  on return  of a firm’s  total asset  (financial  perfor-mance)  meanwhile  it doesn’t have any effect on fixed asset’s return.
5.    Ulum et al, (2008) dengan Variabel terkait Kinerja keuangan (ROE,ROA,ATO,GR) Variabel Bebas IC (VAICTM) hasilnya a. VAICTM secara agregat berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan masa depan. b. Rata-rata pertumbuhan IC tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan masa depan.
6.    Solikhah et al, (2010) menjelaskan hasil penelitiannya a. VAICTM secara agregat  berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan dan pertumbuhan perusahaan b. Kinerja IC berbeda dilihat dari jenis industri.
7.    Diez  et  al, (2010) menjelaskan hasilnya adalah Ada korelasi positif antara human capital dan structural capital dengan value creation (diproksi dengan sales growth
8.    Wahdikorin (2010) dengan Variabel terkait a. Value  creation  (proksi dengan sales growth) Variabel bebas: b. IC (VAICTM) menyatakan hasil penelitiannya bahwa a.  VAICTM secara agregat berpengaruh signifikan negatif terhadap CTA dan tidak berpengaruh terhadap ROA. b. Jenis  bank  tidak berpengaruh  terhadap ROA.
9.    Maditinos et al (2011) dengan Variabel terkait a. Value  creation (proksi dengan sales growth) b. Nilai pasar perusahaan (market to book value). Variabel bebas: c. IC (VAICTM) menyatakan hasilnya bahwa Hampir tidak ada bukti statistik relevan yang menunjukkan pengaruh VAIC™ atas kinerja keuangan dan nilai pasar perusahaan, kecuali terdapat hubungan signifikan antara efisiensi human capital  dengan kinerja keuangan.

7.    Apakah hipotesis penelitian ini?

Hipotesis dalam penelitian ini disebutkan secara eksplisit ada tiga, sebagai berikut:
H1 :  Terdapat pengaruh signifikan intellectual capital terhadap return on asset.
H2 :  Terdapat pengaruh signifikan intellectual capital terhadap return on equity.
H3:  Terdapat pengaruh signifikan intellectual capital terhadap pertumbuhan penjualan.

8.    Jelaskan metodologi yang digunakan: Rancangan Penelitian, Operasional variabel dan pegukurannnya, unit analisis, teknik pengambilan sampel, jenis data, metode analisis data!

1.      Desain Penelitian  ini  merupakan  penelitian kausalitas  karena  variabel pengaruh  yaitu intellectual  capital,  adapun  variabel  terpengaruh adalah Return on asset,Return on Equity dan pertumbuhan penjualan.
2.      Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu berupa data keuangan  perusahaan  yang  diperoleh  dari  laporan  keuangan  tahunan  seperti  neraca,  laporan laba  rugi,  dan  lainnya  pada  perusahaan  makanan  dan  minuman  di Bursa  Efek  Indonesia periode 2007-2014.
3.      Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan  tahunan  perusahaan makanan  dan minuman dari  tahun  2007  sampai  dengan 2014. Seluruh data diunduh melalui website resmi BEI: www.idx.co.id  dan/atau website resmi perusahaan tersebut. Studi kepustakaan dengan cara mempelajari literatur-literatur serta sumber lain yang berhubungan dan relevan dengan masalah dan topik dari penelitian ini sebagai landasan dalam penelitian
4.      Teknik Pengambilan Sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling teknik penentuan sampel dengan  menggunakan  syarat  tertentu
5.      Operasional Variabel
Dibagi dua, yaitu:
(1) Variabel Independen (X)
          Variabel independen dari penelitian ini adalah intellectual capital yang akan diukur menggunakan VAICTM. Menghitung Value added (VA). VA dihitung sebagai selisih  antara  output dan input (Pulic 1999)
                                                               VA = OUT-IN
Di mana:
a.  OUT = Output: total penjualan dan pendapatan lain.
b.  In     = Input: beban penjualan dan biaya-biaya lain (selain beban karyawan).
                                                               VACA = VA/CE
Di mana:
a.                        VACA = Value added capital employed : rasio dari VA terhadap CE.
b.  VA      = Value added
c.  CE      = Capital employed: dana yang tersedia (ekuitas, laba bersih)
                                                   VAHU = VA/HC
Di mana:
a.  VAHU = Value added human capital: rasio dari VA terhadap HC.
b.  VA       = Value added
c.  HC       = Human capital:beban karyawan.
                                       STVA =SC/VA
Di mana:
a.  STVA = Structturral capital value added: rasio dari SC terhadap VA
b.  SC      = Structural capital: Va-HC
c.  VA     = Value added

                           VAICTM = VACA+VAHU+STVA

(2) Variabel Dependen (Y)
1.  Return On Asset                            Laba Bersih
                                                ROA=                        x 100
                                                             Total asset
2. Return On Equity = Laba bersih setelah pajak – Dividen saham istimewa 
                                                                                                                              x100 %
                                                 Rata – rata modal saham biasa
                                                 Penjualan Taun ini –Penjualan Tahun Lalu
  3. Pertumbuhan Penjualan =                                                                               x100%
                                                            Penjualan Tahun Lalu
6.    Teknik analisis data, metode  analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  menggunakan regresi  linear  sederhana berupa Statistik  deskriptif, Uji Normalitas Data, pengujian hipotesis dengan uji T dan Koefisien Determinasi (R2).

9.        Jelaskan hasil uji kelayakan dari model yang digunakan!
Pengaruh Indipendent Variabele dengan Dependent Variable
Besaran
Pengaruh
Hasil Pengujian
Alasan
Kesimpulan
IC dengan ROA
0.000
Signifikan
0.000 < 0.05
Hipotesis diterima
IC dengan ROE
0.000
Signifikan
0.000 < 0.05
Hipotesis diterima
IC dengan Pertumbuhan Penjualan
0.215
Tidak Signifikan
0.215 > 0.05
Hipotesis ditolak

1.       Berdasarkan resume hasil uji diketahui bahwa terdapat pengaruh variabel IC (VAIC) terhadap ROA. Hasil ini mendukung hasil penelitian Shah Khan, et al (2015), Nik Muhammad dan Amin Ismail (2009), Solikhah et al, (2010), Nezhad,et al (2014) dan Ulum et al, (2008).
2.       IC (VAIC) berpengaruh terhadap kinerja yang diproksikan dengan ROE. Hasil penelitian ini mendukung penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh Shah Khan, et al (2015), Solikhah et al, (2010) dan Ulum et al, (2008).
3.       Hasil uji variabel IC dengan pertumbuhan penjualan menunjukan hasil bahwa IC berpengaruh tidak signifikan terhadap peningkatan pertumbuhan penjualan. Hasil ini tidak mendukung penelitian sebelumnya yang diteliti oleh Diez et al, (2010) dan Wahdikorin (2010) .

10.    Jelaskan pembahasan hasil penelitian , apakah hipotesis terdukung data?

          Berdasarkan resume hasil uji diketahui bahwa terdapat pengaruh variabel IC (VAIC) terhadap  ROA. Hasil  penelitian ini memberikan arti bahwa IC yang ada di  perusaahaan perusahaan yang tergabung dalam sektor food and beverage memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja atau peningkatan laba yang mempengaruhi  besaran ROA. Persamaan linear  Y = 0.072 + 0.804X menjelaskan bahwa bila VAIC nya sebesar 1 maka peningkatan kinerja yang diproksikan dengan ROA adalah sebesar  0.876  atau  87.6%.
          IC (VAIC) berpengaruh terhadap kinerja yang diproksikan dengan ROE. Hasil  penelitian ini memberikan arti bahwa IC yang ada di perusaahaan-perusahaan yang  tergabung dalam sektor food and beverage memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja atau peningkatan laba yang akan mempengaruhi besaran ROE. Persamaan linear    Y = -2.101 + 1.955 X menjelaskan bahwa bila VAIC nya sebesar 1 maka kinerja yang diproksikan dengan ROA akan menurun sebesar 0.146  atau 14.6%.
Hasil  uji  variabel  IC  dengan  pertumbuhan  penjualan  menunjukan  hasil  bahwa  IC berpengaruh  tidak  signifikan terhadap  peningkatan  pertumbuhan  penjualan.

11.    Apakah keterbatasan dan implikasi dari penelitiannya?

Keterbatasan dan implikasi penelitian secara eksplisit tidak di tuliskan dalam penelitian ini. Tetapi secara implisit terlihat adanya keterbatasan di dalam penelitian ini, penelitian ini tidak di sebutkan berapa banyak perusahaan yang menjadi sampel dan nama- nama perusahaan yang menjdai objek penelitian tidak di sebutkan dalam bmetodologi penelitian hanya di jelaskan di dalam hasil dan pembahasan penelitian. Selain itu penelitian ini hanya menggnakan variabel Y nya hanya ROA, ROE, pertumbuhan penjualan padahal masih banyak variabel Y yang bisa digunakan seperti CAR,DER,ATO,GR dan sebagainya.

II.   CRITICAL REVIEW
1.      Apakah yang menjadi motivasi/isu atau fenomena yang sedang terjadi sehingga memicu penelitian ini untuk dilakukan ?
Penelitian ini hanya bersifat pembuktian, karena isu yang ada hanya melihat isu trend banyaknya penelitian yang dilakukan peneliti saat ini.

2.      Apa perumusan masalah (research question) dari penelitian ini?
Perumusan masalah penelitian dinyatakan secara eksplisit dalam jurnal , sehingga korelasi perumusan masalah dan tujuan penelitian  terlihat jelas korelasinya.

3.      Apa tujuan penelitian ini?
Tujuan penelitian sudah di tulis secara eksplisit oleh peneliti di dalam jurnal

4.      Apakah kontribusi penelitian ini (kontribusi Teoritis, kontribusi praktisi dan kontribusi kebijakan) ?
Kontribusi penelitian tidak dijelaskan secara konstruktif atas manfaat secara Teoritis, Praktis dan Kebijakan.Tetapi di dalam penelitian ini kontribusi penelitian ini hanya bisa dilihat secara implisit.



5.      Apakah grand teori yang digunakan penelitian ini?
Grand  Theory dinyatakan secara eksplisit di dalam landasan theory, sehingga pembaca lebih jelas mengetahui teori apa yang di pakai dalam jurnal ini.

6.        Apakah riset-riset sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini?
Riset-riset sebelumnya sudah cukup memadai dan relevan untuk mendukung penelitian ini.

7.        Apakah hipotesis penelitian ini?
       Hipotesis dalam penelitian ini sudah ada. kalimat yang digunakannya pun sudah jelas dan mudah di mengerti.

8.        Jelaskan metodologi yang digunakan: Rancangan Penelitian, Operasional variabel dan pegukuranya, unit analisis, teknik pengambilan sampel, jenis data, metode analisis data!
       Metodologi dalam penelitian ini juga sudah cukup lengkap dan mendukung untuk memperoleh hasil penelitian.

9.        Jelaskan hasil uji kelayakan dari model yang digunakan!
       Hasil uji kelayakan dalam penelitian ini kurang dijelaskan.

10.    Jelaskan pembahasan hasil penelitian , apakah hipotesis terdukung data?
       Pembahasan hasil penelitian telah didukung oleh data dalam bentuk tabel, dan telah terdukung oleh cukup data.

11.    Apakah keterbatasan dan implikasi dari penelitianya.
       Dalam penelitian ini tidak di sebutkan Keterbatasan dan future research opportunity. Selain itu di jurnal ini juga tidak membuat kesimpulan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar